Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Resmi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering terlibat dalam kegiatan atau forum resmi. Dalam acara publik semacam itu tidak tertutup kemungkinan kita diminta untuk tampil sebagai pembawa acara, moderator diskusi, atau pun pembicara. Hal yang seringkali harus dilakukan bila kita berperan sebagai pembawa acara atau moderator suatu diskusi atau seminar adalah memperkenalkan diri dan memperkenalkan pembicara.

Pada saat memperkenalkan diri atau orang lain dalam forum resmi, butir-butir yang perlu disampaikan adalah nama (lengkap dan panggilan), kelahiran, pendidikan, pekerjaan atau aktivitas, prestasi (bila ada), domisili saat ini, dan bidang keahlian.

Bagaimana cara memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi? Pertama, lakukan secara tenang dan meyakinkan dalam suasana rileks. Kedua, gunakan kalimat-kalimat perkenalan dan ucapkan secara lancar dengan intonasi yang bervariasi. Ketiga, tempatkan jeda secara tepat. Keempat, lafalkan setiap kata yang digunakan secara jelas.

Hal yang juga harus diperhatikan dalam memperkenalkan diri dan orang lain adalah penggunaan kata ganti diri (sapaan). Seringkali, dalam memperkenalkan orang lain, moderator kurang tepat dalam memilih kata ganti diri, sehingga dapat menimbulkan suasana kurang nyaman. Misalnya, menyebut narasumber dengan kata ”dia”. Padahal, orang yang dimaksud usianya lebih tua dan merupakan orang terpandang. Hal itu mungkin terjadi karena moderator kurang memahami latar belakang narasumber. Gunakan bahasa yang bervariasi. Perhatikan vokal, gerak, dan mimik.

Berikut ini disajikan contoh memperkenalkan diri dalam forum resmi yang disampaikan oleh seorang moderator.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Pagi ini, kita telah diberi-Nya kesehatan sehingga dapat berkumpul pada seminar ini.

Sebagaimana telah Anda ketahui, tema seminar hari ini adalah ”Menumbuhkan nasionalisme generasi muda melalui kegiatan apresiasi sastra.” Sebuah tema yang cukup menarik, terlebih menjelang HUT Kemerdekaan RI kali ini. Sebagaimana kita ketahui, di era global ini, gempuran budaya asing seakan tak terbendung. Tak ada lagi batas-batas yang memisahkan satu negara dengan negara lain. Sehingga nasionalisme generasi muda semakin hari kita rasakan semakin luntur. Dalam kesempatan ini kita akan mengupas masalah tersebut bersama narasumber yang telah hadir bersama kita.

Namun, sebelum narasumber mengupas masalah tersebut, saya selaku moderator akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Ahmad Fajar. Saya lahir di Madiun lima belas tahun yang lalu. Saya seorang pelajar kelas X di SMA Negeri 2 Madiun.

Selanjutnya, saya perkenalkan narasumber yang telah hadir di samping saya. Beliau adalah Bapak Hasan Sudiro. Beliau adalah seorang sastrawan yang banyak menuliskan puisi yang bertema nasionalisme. Beliau lahir di Surabaya empat puluh tujuh tahun yang lalu. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Surabaya tahun 1998 – 2002. Aktivitas sehari-hari beliau saat ini adalah sebagai penggiat sastra di Bengkel Sastra Matahari, Surabaya. Karya-karya beliau telah dipublikasikan di berbagai media massa, baik lokal maupun nasional. Buku kumpulan puisi beliau yang telah terbit adalah “Menjaring Rembulan” dan “Tanahku Indonesia”. Pada kesempatan ini beliau akan menyampaikan makalahnya berjudul “Pemanfaatan puisi sebagai wahana menumbuhkan nasionalisme generasi muda”.

Selamat mencoba menyusun sendiri kalimat-kalimat perkenalan seperti contoh di atas.

About these ads

Tentang kelasmayaku

materi bahasa indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di kebahasaan dan tag , , , . Tandai permalink.

69 Balasan ke Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Resmi

  1. Ping balik: 2010 in review | ruang belajar bahasa dan sastra Indonesia

  2. perdhana11 berkata:

    ijin sedot gan

  3. oxigiocrip berkata:

    диета курица рис фруктычто сделать чтобы похудело лицолунный календарь 2010 года похудениякак очень быстро похудеть на 10 килограммовкак уменьшить грудь с помощью диетыантицеллюлитные шорты жезамточечный массаж лишний веснародные рецепты для похудения пшенное молокорецепты блюд низкоуглеводной диетысок одуванчика это средство похудениянекалорийный десерт сидящим на диетекак похудеть с помощью сауны не причиняя себе вредакак можно похудеть за неделю на 5 кгдиетического питания применю диеты при сахарном диабетеснижение веса центр в москвесколько можно сбросить на японской диетекак похудеть на кремлевской диете очень быстрометод похудения ларцевой и ивановойсколько минут заниматься на тренажере чтобы похудеть

  4. mastini berkata:

    bagaimNa,,slam pnutup nya,,?

  5. lita berkata:

    Thanks.. sangat membantu sekali :D
    smoga sukses bsok aku maju d depan kelas ..

  6. HwR.. berkata:

    yeyey,,, :)
    makasih,, bs buat tugas bhs indonesia Mrs W,, :P

  7. silvi berkata:

    thanks banget yaa ;) ini tugas mendadak dari guru.. sukses deh :D

  8. gaLih berkata:

    vielen dank yaaaah,,moga tugas Q succes

  9. rahma berkata:

    yaaahh.. thanks deh..

  10. nisa berkata:

    ya… ya…. ckup mmbntu…..

  11. virgin berkata:

    ada link lain ga yah ?

  12. vhyra berkata:

    makasihh yahh :D
    ini sangat membantu

  13. Ika Mustika berkata:

    good (y)

  14. Mbag mufid berkata:

    thanks ,dah kasih ku inspirasi…..

  15. Afifah berkata:

    Waaah, thank’s yaaa, in sngt membntu

  16. firmanwaris berkata:

    thanks

  17. grace berkata:

    makasihhh…
    ini ckup mmbantu ku tuk buat PR!!!!!!!!

  18. Ayu Cynthia Dewi berkata:

    Thank’s so much…
    Alhamdulillah sesuatu ya…

  19. Andhinta berkata:

    Terimakasih.. ^^
    sangat membantu.. ^^b

  20. Terimakasih, sangat membantu :) maju terus!

  21. dian hardiyanti berkata:

    kurang lengkap tpi bagus deh

  22. ayu ting_ting berkata:

    Ye,,,,,,,,aq terbantu bgt ats tugas yg d ksh sm ibuk guru,,,,mksh pnjelsannya :) awalnya q bingung cr nya :D

  23. mohon ijin akan saya gunakan sebagai referensi pengajaran saya kepada para calon dokter muda

  24. armin berkata:

    salm. aq kopi ya….

  25. Raju Pratama berkata:

    thank’s bnget gan.,.,., :D

  26. Della berkata:

    Mksh bgt ya…jdi bsa ngerjain pr bhsa indo.a hehe soal.a mendadak d srh.a

  27. Vizatama berkata:

    This is very help me…TQ
    Hhoho..

  28. bagas berkata:

    thank’s bray makasih banget yah PR gua cocok sma yg ini

  29. hadi rima berkata:

    lumayan lah, sedikit membantu

  30. ijijn tanya , nih .. apa sih pengertian kalimat perkenalan ? trus tata bicara dalam memperkenalkan diri meliputi apa saja ?

    mhon di answer ya :)

  31. yEn(fp)237666 berkata:

    ..Makasih..!! semogga bisa membantu saya nanti siankk persentasi ..

  32. dewi berkata:

    mksih yaa,,membantu banget tugas q
    sukses yaa

  33. Kartikasari berkata:

    Makasieh yaa :)
    Tugas sharie ke bantu :)
    membantu banget :)

  34. Andhika Waskitho berkata:

    terimakasih,,
    karana ini tugas yang harus di praktek kan besok senin di SMA kelas saya..,,

  35. Aulia ginting berkata:

    thanks ya, lumayan buat tugas b.indo.. :)

  36. kurniawati berkata:

    saya butuh konsep nya bukan caranya ! gimana donk ?? help me . . . .

  37. Zia Nurhaliza berkata:

    thanks =)
    blog ini sungguh bermanfaat .

  38. naya berkata:

    kurang lengkap gan

  39. Rendy berkata:

    thx bnget dehh,,ini sngt membantu,,alna guru mendadak bnget ,,
    GBU

  40. iyan berkata:

    makasih
    ijin copas yah ,,, :)

  41. Febri berkata:

    Ga Ada Kenalin Diri Dalam Forum Resmi Yang Contohnya Wisuda MDA ya ?

  42. fahmi berkata:

    i miss u forever

  43. rozi berkata:

    Makasih! tapi kok kurang lengkap???

  44. Hasna berkata:

    Sangat membantu. Keep posting! :D

  45. yogi 9 tangerang berkata:

    makasih banget udah membantu beban saya dalam pelajaran bahasa indonesia

  46. dhefty shii berkata:

    terima kasihh ya.. ni sngat mmbntu.

  47. basti berkata:

    makasihnya… sangat membantu nih….

  48. ulfah salsabilah berkata:

    yey bisa bwtt tugas bhsa indonesia :)
    maksiih yyaw :’)

  49. ujang suhada berkata:

    thanks banget, tpi ko ga da tips untuk penutupnya ya ?

  50. luvi ajj dh berkata:

    penutupnya harus bilang apa?

  51. Meldaaa berkata:

    Yeyey mks y
    akhir ny bs slsai jga ne tgas
    smga sukses
    :-)

  52. hikmah. s berkata:

    trimakasih, atas contoh kata2 yang di ucapkan moderator dalam sebuah seminar ( rapat ). sangat membantu sekali dalam tgas yg di berikan guru saya :D

  53. terimakasih. sangat membantu :)

  54. Icer Voa Sastra berkata:

    terima kasih banyak kakak :)

  55. Makasih! sangat membantu ilmu pengetahuanku

  56. ahmad mutaqin berkata:

    bantu aku ngerjain BI donk ,,,

  57. kiki berkata:

    Penutup’a kya gmna??

  58. Nia ramadhanti berkata:

    Bermanfaat bnget buat tugas sekola :)
    thank you

  59. Rhya berkata:

    thanks yah buat info nya ,,,
    bermanfaat banget

  60. *rabu09# berkata:

    thanks ya… :)
    buat tugas b.Indonesia…

  61. ella ruswanti berkata:

    thanks

  62. thanks iy….
    ini sangat membantu aku..:)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s