Parafrase Puisi

PARAFRASE PUISI
Yang dimaksud parafrase adalah mengubah puisi menjadi bentuk sastra lain (prosa). Hal itu berarti bahwa puisi yang tunduk pada aturan-aturan puisi diubah menjadi prosa yang tunduk pada aturan-aturan prosa tanpa mengubah isi puisi tersebut. Lebih mudahnya parafrase puisi adalah memprosakan puisi.
Perlu diketahui bahwa parafrase merupakan metode memahami puisi, bukan metode membuat karya sastra. Dengan demikian, memparafrasekan puisi tetap dalam kerangka upaya memahami puisi.

Ada dua metode parafrase puisi, yaitu

a. Parafrase terikat, yaitu mengubah puisi menjadi prosa dengan cara menambahkan sejumlah kata pada puisi sehingga kalimat-kalimat puisi mudah dipahami. Seluruh kata dalam puisi masih tetap digunakan dalam parafrase tersebut.
b. Parafrase bebas, yaitu mengubah puisi menjadi prosa dengan kata-kata sendiri. Kata-kata yang terdapat dalam puisi dapat digunakan, dapat pula tidak digunakan. Setelah kita membaca puisi tersebut kita menafsirkan secara keseluruhan, kemudian menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri.

Contoh:
Perhatikan puisi Chairil Anwar berikut ini
HAMPA
:kepada Sri

Sepi di luar. Sepi menekan-mendesak.
Lurus kaku pohonan. Tak bergerak
Sampai ke puncak. Sepi memagut,
Tak satu kuasa melepas-renggut
Segala menanti. Menanti. Menanti. Sepi.
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat-mencekung punda
Sampai binasa segala. Belum apa-apa
Udara bertuba. Setan bertempik
Ini sepi terus ada. Dan menanti.

Dengan teknik parafrase, puisi ini kita tambah beberapa
kata agar lebih mudah dipahami.

Bentuk parafrase puisi :

HAMPA
:kepada Sri

(keadaan amat) Sepi di luar (sana).
(Keadaan) Sepi (itu) menekan-(dan) mendesak.
Lurus kaku pohon(-pohon)an (disana).
(pohonan itu) Tak bergerak
Sampai ke puncak (nya). Sepi (itu) memagut(ku),
Tak satu kuasa (pun dapat) melepas-(dan me)renggut(nya
dariku)
Segala(nya hanya) menanti. Menanti. (dan) Menanti (lagi).
(menanti dalam) Sepi.
(di) Tambah (lagi dengan keadaan saat) ini (,) menanti jadi
mencekik (malah)
Memberat(kan dan)-mencekung (kan) punda (kku)
Sampai binasa segala(-galanya). (itu pun) Belum apa-apa
(bahkan) Udara (pun telah) bertuba. Setan (pun) bertempik
(sorak)
Ini (,) (peraan) sepi (ini) terus (saja) ada.
Dan (aku masih tetap) menanti.

Teknik parafrase ini hanya diperlukan bagi puisi-puisi yang sangat minim kata-katanya. Bila suatu puisi telah tersusun kata-kata yg mudah dipahami, maka tidak diperlukan lagi membuat
parafrase.

About these ads

Tentang kelasmayaku

materi bahasa indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di kasastraan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

121 Balasan ke Parafrase Puisi

  1. adella elvira susanto berkata:

    menurut sy parafrase sngt bgs dn lumayan susah!!!

  2. Ping balik: 2010 in review | ruang belajar bahasa dan sastra Indonesia

  3. alia shandra berkata:

    thankzzz…banyak!!!!!!dc bantu qhuwh bwad ngrjakn tuGAzzz/…

  4. jayanti anggraini berkata:

    matur kasih,,terima suwun ea…….gra” ada ini aku jd bc ngrjain tgs…..

  5. bapaksunarso berkata:

    makasih…. tambah khasanah…

  6. anti berkata:

    mkasih yah,,tapi itu sudah benar kah,klo diakhir kalimatnya ada tanda titik?

  7. nopri berkata:

    thanks

  8. Sindi berkata:

    Brikan contoh puisi lain donk,

  9. heri mulyanto berkata:

    terima kasih infonya

  10. ardhanea berkata:

    makasih tlah bgussssssssssssssssss lhow , qhu jdi bsa ngerjain tugas , thakzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz y’

  11. jordan berkata:

    mekasih ya karna ada ini aku jadi bisa ngerjain tugas …. mekassssiihhhh banget

  12. bram sukma berkata:

    aku pengin parafrase puisi anak-anak sd klas 6, bisa donk dibantu???

  13. bambang sukmono berkata:

    tolong beri contoh parafrase bebasnya, donk……………………kutunggu balasanya!!!

  14. yulian berkata:

    Dalam penulisan paraprase sebenarnya tidak ada perbedaan baik di tingkat SD,SMP,SMA ataupun PT, yang oleh siswa tanpa mengurangi isi dan maksud puisi yang diparafrase Mas Bram terapkan dalam kegiatan memparafrase bagi anak-anak SD adalah menekankan pada siswa agar menambahkan berbagai kata yang mendukung suatu puisi itu menjadi lebih mudah dipahami.
    suatu contoh:
    gadis kecil peminta-minta
    dapat di parafrasekan
    (ada seorang) gadis kecil paminta-minta

  15. Falah ae berkata:

    tq saya bs ngerjain tugas BI, tq lgi sebesar besarnya

  16. fatih berkata:

    thanks saya udah ngerjain tugasss

  17. bambang sukmono berkata:

    thank’s buat semuanya……………………..!!!

  18. hasyyati marini berkata:

    thanks buat infonya ^^.) membantu banget

  19. bactiar berkata:

    terimakasih mbak untuk tugas anak saya . tamabah puisi lagi dong

  20. Nurholis Fahri berkata:

    PAK GURU
    Karya Ashadi

    Kala mentari muncul
    Kau kayuh sepeda tuamu
    Menempuh jalan yang berliku
    Mengejar ketepatan waktu
    Kala mentari menyengat kulit
    Kau kayuh sepeda tuamu
    Lapar dahaga menjadi Satu
    Tapi tak kau hiraukan hal itu
    Demi anak didik lebih maju
    Itulah pengabdianmu
    Wahai bapak guruku
    Jasa-jasamu yang luhur itu
    Tak dapat kulupakan
    Sepanjang hidupku

    coba dong yg ini gimana yah blum terlalu ngeri

  21. Susah banget..!!!

    tapi asyik lah bwat Tugas..

    hehehhehehe…

    maaph COpas..

  22. zulfan berkata:

    thanks!! tuga ku beres.

  23. Yoga de gea berkata:

    Terima kasih cuy . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Salam for glory !

  24. fiyka berkata:

    makasi banyak juga ea tpi msih gag ngerti cari dong puisi yaang karya sendiri yang lebih mudah di mengerti

  25. acuy Gaspol berkata:

    Makasih,,qhu jdhi bisa ngerjain tugas dech,,

  26. ratna berkata:

    puisinya kurang banyak,, semua masak cuma itu tok..

  27. James owen sulivan berkata:

    Ada satu lagi ndak puisinya n parafrasenya . . . . . ?

  28. James owen sulivan berkata:

    Ada satu lagi ndak puisi n parafrasenya . . . . . ?

  29. khoirul berkata:

    thx atas puisinya ijin sedot

  30. dodi berkata:

    THX PUISINYA
    IJIN SEDOT

  31. Wah, jd ingat pelajaran bahasa Indonesia SMA, gurunya suka banget sama sastra :D

  32. rahim wahyu berkata:

    buatkan lbih bnyak lgi donk cthnya!!

  33. asep kusnandar berkata:

    MOHON BANTUAN UNTUK DIJELASKAN LEBIH RINCI LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PARAFRASE

  34. moh.faiz.nurochman berkata:

    bagus sekali parafrasenya

  35. Rohamad hasan berkata:

    MaTur suwun ngeh kulo pun ngertos dadose nopo puisi+prosa niku nopo :!

  36. khairiyah berkata:

    makasih yahh info’a,,,:-)

  37. Hanis Destrini berkata:

    thanks, sedikit membantu saya dlm membuat tugas ini

  38. Marwati Razak berkata:

    mksi tas contoh parafrase puisinya tp coba parafrasekan puisi “Anakku” Karya Y.E. Tatengkeng

  39. anonim berkata:

    mkasih ya gan

  40. dewi berkata:

    terima kasih,,

    membantu sekali
    karna ada ini jdi bisa mengerjakan tgs :)

  41. krisman berkata:

    gan makasih ya dahdi kasih tau parafrase nya

  42. bernad berkata:

    wow gan hebat dan baik haati mkash ya gan :)

  43. Octa berkata:

    Thank’s for this who to make this blog ? i dont know i just say thank’s you very much…… :D

  44. Izmail berkata:

    . Thanks yach gan atas bantuannya……
    . Berkat ini puisi ama Parafrase….
    . Tugas gw di contekin satu kelas…..
    . Hehehehe ^_^

  45. syaiful amri berkata:

    langkah-langkah menyusun parafrase apa yang harus di kerjakan dulu

  46. Annisa DewiC.N berkata:

    makasih ya http://kelasmayaku.wordpress.com,tugas bahasa indonesiaku beres deh!tapi coba puisi yg untuk anak masih SD kelas 6 donk,masalahnya aku takut guru aku nggak percaya aku parafrasekan puisinya Chairil Anwar…
    Sekali lagi,MAKASIH!

  47. Mada berkata:

    bisa minta tolong parafrasekan puisi “aku” ? lumayan susah itu.

  48. syifa berkata:

    gak…… ada contoh puisi yg diubah menjadi kalimat prosa?????………………………..

  49. mandul123 berkata:

    makasih

  50. Jerri berkata:

    wahh,, tugas selesai.. makasih yaa

  51. Khusnul spongebob berkata:

    mksh ea,kalok gk ada inie pasti aku di hukum ama guru ku yg galak itu…………:D

  52. Gede restu berkata:

    Gan lo keren mkcie ya Atas informasinya Gua suka gaya lo … :) Blog Lo Lebih keren daripada yg lain sek dulu gan mau nulis kwkkwkw

  53. salma 1244 berkata:

    waw mkasih yah informasinya . .bguss bangett parafrasenya saya sukka bangett ??

  54. Gx ada puisi buatan Si “Anak Sinkong” ApA??????????

  55. Rahmina nursyabani berkata:

    Ini judul nya apa

  56. amunnie berkata:

    makasi brbagi pengetahuan :D

  57. za ziza berkata:

    makasih ya udah bantuin tugas aku.thank banyak

  58. fetreh berkata:

    makasih :D

  59. Eka Sriwati Anggita Cahyani berkata:

    Makasiihh yah udah bantuin TUGAS aku… :D

  60. pratama berkata:

    Thx for puisinya,tugas jdi kelar..
    hahaa :D

  61. Farrel berkata:

    Paleng gueee!!!!

  62. penta mukti ronaldo madridista berkata:

    trima kasih telah menambahkan ilmu kami

  63. penta mukti ronaldo madridista berkata:

    :)

  64. wawan berkata:

    terimah kasih

  65. nadira alfayza berkata:

    Kanjeng Mami berkata:
    19 November 2012 pada 08 : 45
    Makasih ya, tugas ku jadi selesai jadi gk dimarahin guru yg galak…
    hAhAhA WkWkWkWk

  66. nenek gayung berkata:

    hik hk hik
    tugas ku selesai,gk dimarahin guru yg galak…
    hAhAhA WkWkWkWk

  67. MIMIN KOKOMARIYAH berkata:

    SUMPAH GILA………………………………………………………………………………………………………..
    BAGUS BANGET………………………..

  68. INEM KOKOMARIYAH berkata:

    BAGUS BANGET……………………………………
    TERUS GUE HARUS BILANG WOW GETOH????????
    YA ENGGAK LAH KATA KATA KAMSEUPAY………….
    INFORMASINYA JUGA KAMSEUPAY IYUWWWWWW………….

  69. terima kasih. informasi ini sangat membantu untuk di jadikan tugas :)

  70. “terima kasih tugasku semua sudah beres aku pun sudah mengerti” yes :D

  71. aji sreyu berkata:

    terima kasih telah menambah wawasan kami

  72. scxqccv berkata:

    makasih banyak lah,
    walau pun informasinya ngak nyelesain tugas ku

  73. sonia berkata:

    makasih atas informasinya . :)

  74. fadil berkata:

    saya juga maangatakan makasih atas informasinya

  75. khairun_nisa01@yahoo.com berkata:

    terimakasih karna sudah membantu saya mengerjakan tugas^^^^^^^^

  76. lentera berkata:

    cara paling mudah mengajarkan parafrase yang sesuai dengan standar soal ujian nasional SD kelas 6 bagaimana? thanks …^_^

  77. lentera berkata:

    cara paling mudah mengajarkan parafrase yang sesuai dengan standar soal ujian nasional SD kelas 6 bagaimana? thanks …^_^

  78. Julian felix armando berkata:

    Makasih atas contoh parafarse nya ^_^*I Like It

  79. suharmi berkata:

    alhmdllh akhirnya sy paham maksudnya secara detail. trim ksh

  80. w berkata:

    boleh nggak diparafasekan lagu bayang-bayang ilusi!

  81. deesha aremanita berkata:

    wahh kece badai ,maaciih eaa ,bantu bgt nih bwt nylesein tgs

  82. tio berkata:

    udah cukup mahir sih klo soal nge-parafrase puisi,,tapi aku baru tau soal definisi parafrase terikat and bebasnya… tapi mngkn udah prnah di ajarin ama dosen tapi akunya yg ga prhatiin aja.. hehe.. thx yah.. ^^

  83. faiqotul fauziah berkata:

    terima kasih, sangat bermanfaat untuk test nanti! :D

  84. tri anastasya berkata:

    iyah makasih banyak yahhh :)

  85. afriani dwi lestari berkata:

    daftar pustakanya donk,, biar bisa buat referensi :)

  86. dewi nur andini berkata:

    aku agak bingung sih tp lumayan lah buat ngerjain soal

  87. dewi nur andini berkata:

    :D

  88. Muhammad Akmaludin berkata:

    boleh tuh… bwt bahan latihan nulis bwt penulis pemula :)

  89. ShinoharA04 berkata:

    Thanks ya bro, tugas gue jadi kelar nih ahahahah

  90. Argo Nugroho.p berkata:

    thanks ya kalau gue bisa nyelesaikan tugas cepet bgt,tapi sayangnya susah bgt

  91. trimssss ya ini sngat mmmbantu

  92. Didik Cahyono berkata:

    , kalau puisinya kayak gini gimana . ???

    Hujan

    Aku mendengar banyak daun sedang meminum air hujan
    Aku mendengar banyak daun diatas
    Memberikan kemiskinan dibawah
    Tetes demi tetes
    Ini adalah suara manis yang didengar
    Daun hijau ini sedang meminum dari dekat
    Dan katika matahari muncul
    Setelah itu hujan akan berhenti
    Akan dipenuhi cahaya menakjubkan
    Setiap kegelapan jatuh mengeliling
    Aku beharap matahari bersinar terang
    Itu akan menjadi pemandangan yang dicintai

  93. fajar cinta kartika berkata:

    Prafrase itu menyenangkan hahahaha…

  94. Marlia putri berkata:

    Wah,boleh di foto copi in dong

  95. falcon berkata:

    bagus bro.
    trus kembangkan.
    jangan lupa mampir ya

  96. arin armansyah berkata:

    terimakasih, dengan ini anakku bisa mengerjakan tugasx

  97. wirma fanima berkata:

    menrut saya menfrafasekan puisi itu lumayan menantang tapi alangkah membanggakan jika puisi yang kita prafasekan itu karya kita sendiri karena bagi saya itu ada kbanggan tersendiri..

  98. christopher dian jeriando purba berkata:

    menurut saya keran kok

  99. agus pranoto berkata:

    terima kasih y, penjlasannya sangt berguna bagi saya dalam menghadapi TO.

  100. Raiadisetya berkata:

    hehehe saya masih kelas 6 di sini sebentar lgi ujian terus d suruh praktek kyk gini

  101. mega beton berkata:

    sastraaaaaasadasdddd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s